Sabtu, September 14

5 Godaan Saat Mengerjakan Skripsi Kuliah



Based on my experience, kalo bahasa Inggrisnya sih gitu tapi kalo bahasa Indonesia-nya berdasarkan pengalaman pribadi. Keren ya? Enggak? Yaudah~

Ya kali ini gue nulis tentang godaan-godaan apa aja yang bisa ngegganggu kita saat pengen fokus ngerjain Skripsi. Kadang niat suci dan tekat kuat serta menggebu-gebu buat ngerjain Skripsi bisa hilang begitu saja saat beberapa godaan datang menyerang. Apa aja godaan itu? Tanpa banyak babibubabibubabibubabingepetbu yuk kita korek-korek!

Yang pertama : Ajakan jalan dari temen

Paimin : Hari ini pokoknya gue mau fokus ngerjain Skripsi! Titik! Jangan ada yang ganggu gue! Gue cowok, gue harus bisa pegang omongan!

...........(trining trining trining trining bunyi sms masuk)

Sms : “Min! Ikut kita jalan-jala yuk! Ke tempat biasa kita main bencong!”

Paimin : HAYUK!!!

Dan seketika niat yang suci buat ngerjain Skripsi dikalahkan oleh godaan buat main bencong. Ya namanya juga hidup........

Cara mengatasinya : Bales sms temen lo dengan tegas, misalnya gini “Diam kau! Jangan pernah ganggu gue! Gue mau fokus ngerjain Skripsi! Damn you bit*ch!”. Dengan balasan sms kaya gitu gue jamin temen lo jadi ngerti kalo lo sedang gak bisa diganggu, dan gue jamin juga hubungan pertemanan kalian bakal berakhir.

Yang kedua : Nonton film

Niat buat ngerjain Skripsi kadang bisa tiba-tiba hilang gitu aja kalo udah liat folder film, apalagi kalo nama foldernya “FILM BARU YANG BELUM DITONTON”. Siapa yang tahan? Siapaaaaaaaa? Apalagi kalo ada filmnya tante Julia Roberto. Bibirnya bro....bibirnyaaaaaaa kaya sosis So Ni*ce.

Cara mengatasinya : Jangan pernah nyimpan stok film baru saat lo pengen ngerjain Skripsi, kalo ada yang nawarin film baru, usahakan tolak secara halus. Tapi kalo emang filmnya bagus banget dan jarang ada yang punya versi HD-nya, copi aja dulu ntar gue minta.

Yang ketiga : Online sosial media

Gangguan yang ini yang paling paling paling susah buat dilawan, online sosial media baik itu Twitter, Facebook, Kaskus, Path, Instagram, Youtube, Friendster, dan lainnya. Rasanya tab browser jauh lebih menarik dan menjanjikan daripada Sekumpulan file Skripsi. Dan sesungguhnya orang yang update status di sosial media “Ngerjain Skripsi dulu ah sampai bego” akhirnya akan melanjutkan online daripada ngerjain Skripsi. Trust me....its meeeee *toyor-toyor pala Joe Taslim*

Cara mengatasinya : Yang ini agak susah, tapi ingat pepatah jaman dulu “Susah bukan berarti gak bisa”. Biasanya sosmed holic bakal ngandelin cara apapun buat bisa online walau hanya sekedar scroll scroll timeline. Biasanya kalo laptop/komputer gak ada koneksi internet, mereka bakal online pake hp. Nah cara buat mengatasi godaan online sosial media adalah dengan menjauhkan segala bentuk gadget yang memungkinkan kita terhubung dengan internet, bisa dengan disimpan dulu atau mungkin dengan cara ekstrim yaitu gadgetnya dibakar terus abunya di tebar di Sungai Nil.

Yang keempat : Ngemil

Godaan yang satu ini walaupun gak begitu berat tapi kadang bisa menyerang. Siapa yang gak kegoda sama cemilan yang ada di depan mata, yang jelas-jelas lebih enak daripada matengin laptop atau komputer. Coba pilih, mending ngemil coklat atau ngemil Microsoft Word?

Cara mengatasinya : Jangan sering nyetok cemilan di kamar atau di dapur. Anak kos sering banget nih. Menurut penelitian di Uganda sana, nyimpan cemilan di kamar dapat membuat seseorang menjadi malas dan efek lainnya adalah membuat badan semakin lebar. Mauuuuu?

Yang kelima : Ngantuk

Nah godaan yang ini adalah buah dari godaan sebelumnya yaitu ngemil. Biasanya orang kalo kenyang jadinya ngantuk, ngantuk ya tidur, ngerjain Skripsi? Ntar aja lah pas udah bangun. Pas udah bangun? Laper lagi terus makan lagi terus ngantuk lagi terus tidur lagi terus gituuuu aja sampai matahari berhenti bersinar.

Cara mengatasinya : Jangan sering ngemil, minum air putih yang banyak. Kopi? Ya kadang kopi juga bisa, tapi berdasarkan apa yang gue rasain kopi gak begitu berdampak besar buat ngilangin ngantuk. Lain cerita misalnya kalo kopinya gak lo minum tapi lo taburin ke biji mata, gue jamin deh ngantuk lo ilang dan penglihatan lo juga hilang...

Sebenernya masih banyak godaan lain, ada sekitar Enam Puluh Ribu Tujuh Ratus Lima Puluh Satu Juta Poundsterling. Kalo gue tulis semua disini bakal panjang banget kaya sinetron tersanjung dan jari gue bakal mati rasa. Jadi segini aja dulu yaaaa. Atau ada yang mau nambahin? Godaan yang dirasain pribadi gitu, ntar gue tulis di sini

Sabtu, Juli 20

Tawuran Jepang vs Indonesia

Dari segi teknologi dan kecerdasan, mungkin kita masih kalah sama jepang. Tetapi bukan cuma itu, bahkan dalam hal tawuran para ababil kita pun masih kurang maju dan ketinggalan. hehe

1. Gaya


VS


Jepang : Gayanya keren dan rapi.
Indonesia : Acak acakan dan norak.

2. Geng Tawuran



VS


Jepang : kenangan sebelum tawuran, baju tetap keren, seperti boyband.
Indonesia : Kenangan setelah tawuran di tangkap polisi.

3.Walpaper


VS


Jepang : tetap keren.
Indonesia : Seperti narapidana

4. Senjata


VS



Jepang : Cukup dengan tangan dan kaki,
Indonesia : Pakai gear sepeda segala.

5. Keberanian dan Kenekatan


VS


Jepang : 1 VS ramai juga berani !
Indonesia : Gak ada loe gak rame !

6. Kesetiaan Genk Tawuran


VS


Jepang : Tetap mendukung satu sama lain sampai titik darah terakhir.
Indonesia : Temannya udah berani matim yang lainnya malah kabur.

Semoga tawuran Indonesia tidak kalah dari Jepang. hehe

Inilah Alasan Malas Bertamu ke Rumah Orang Kaya






Waktu mengunjungi rumah teman saya yang kaya, pembantunya nawari minum ni.

P : Pembantu
S : Saya

P: Mau minum apa .. jus buah, soda, teh, coklat, cappuccino, frapuccino, atau kopi?
S: Teh saja, makasih.

P: Tehnya teh ceylon, teh india, teh herbal, teh alang-alang, teh alang-alang madu, atau teh hijau?
S: Teh Ceylon.

P: The ceylonnya pake es atau hangat?
S: Pakai es aja.

P: Esnya mau es batu, diserut kasar, diserut salju atau dihancurkan acak?
S: Oh, nggak usah repot-repot, es batu saja.

P: Es batunya mau yang bentuk kubus, pipih, bulat, atau bentuk hati?
S: Bentuk hati boleh.

P: Baik, Anda mau tehnya hitam atau putih?
S: putih.

P: Dengan susu, atau krim segar?
S: Dengan susu.

P: Susu kambing, atau susu sapi?
S: Dengan susu sapi dooong!

P: Sapi Selandia Baru atau sapi Afrika?
S: Kalo gitu nggak jadi putih, hitam saja deh.

P: Mau pakai pemanisnya dengan gula atau madu?
S: Dengan gula.

P: Gula bit atau gula tebu?
S: Gula tebu.

P: Gula tebunya putih, coklat atau kuning?
S: Lupakan tehnya, Beri saya segelas air saja.

P: Air mineral, air rebus atau air suling?
S: Air mineral.

P: Dingin atau biasa?
S: Yang dingin aja.

P: Minus 5, 10, 20, 30.. apa berapa?
S: Aku pulang aja ah. Misi mbak.

Rabu, Juli 10

Post Ramadhan : Keriuhan Pasca Zaman Kegelapan



KOMPAS.com - Jelas sudah bahwa terjadinya potensi perbedaan mengawali Ramadhan 1434 H di Indonesia terbuka demikian lebar, baik dalam skala makro maupun mikro. Sebagian Umat Islam sudah jauh-jauh hari menetapkan 1 Ramadhan bertepatan dengan Selasa, 9 Juli 2013. Sementara, sebagian mengikuti keputusan pemerintah yang menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Rabu, 10 Juli 2013.

Secara mikro, potensi perbedaan juga tetap terbuka terutama lewat komunitas-komunitas minor seperti tarekat Naqsyabandiyah, di Padang (Sumatra Barat), an-Nadzir (Sulawesi Selatan), maupun pengguna sistem penanggalan Jawa Islam kedaluwarsa (Aboge) yang memiliki keputusannya sendiri-sendiri.

Demikian pula yang terjadi di manca negara. Arab Saudi mencantumkan 1 Ramadhan 1434 H pada Selasa 9 Juli 2013 dalam kalender Ummul Qura-nya, meski tidak berarti negara itu akan berpuasa Ramadhan mulai hari itu. Ibadah tersebut dipisahkan kedudukannya dibandingkan kalender, sehingga terbuka kemungkinan Arab Saudi mulai berpuasa pada 2 Ramadhan.

Negeri yang menjadi kiblat banyak penduduk Muslim di seantero penjuru bumi itu masih harus menanti hasil rukyat sesuai ketentuan yang diberlakukannya, seiring dengan kritisnya elemen-elemen posisi Bulan di kota suci Makkah (yang menjadi acuan).

Sebaliknya, Oman telah menetapkan 1 Ramadhan pada Rabu 10 Juli 2013 atas alasannya sendiri, meski sesama negara Timur Tengah. Mengingat pencapaian gemilang yang telah direngkuh cendekiawan falak generasi klasik, maka mengapa perbedaan dan informasi yang simpang-siur tersebut bisa terjadi justru pada masa kini, pada masa ketika manusia bahkan sudah berhasil menapakkan kakinya di Bulan?

Setelah pencapaian gemilang di era klasik dengan berhasil dirumuskannya kriteria untuk hisab berbasis data melimpah yang diproduksi rukyat, perkembangan ilmu falak mendadak berhenti dan bahkan terperosok ke dalam lubang hitam sejarah sejak lima abad silam dan terus berlangsung hingga 400 tahun kemudian. Periode ini ditandai runtuhnya pemahaman komprehensif tentang hilal sehingga rukyat dan hisab ‘diceraikan’ dan masing-masing berjalan sendiri-sendiri.

Proses observasi Bulan, yang sangat penting kedudukannya untuk memastikan akurasi hisab yang telah dibangun, ditinggalkan. Kalau pun rukyat masih diselenggarakan semata hanya berlangsung sebagai ritual semata, tanpa adanya pencatatan data yang bisa digunakan bagi generasi selanjutnya.

Salah satu imbasnya masih terasa hingga kini. Misalnya, masih digunakannya data-data elemen posisi Bulan dari era Ulughbegh (lima abad silam), tanpa adanya koreksi merujuk epok (epoch) yang umum diterapkan dalam astronomi modern setiap setengah abad sekali.

Hisab dan rukyat modern

Namun, fajar yang menerangi masa kegelapan ini mulai menyingsing sedikit demi sedikit sejak seabad terakhir. Adalah Schmidt yang memeloporinya saat melaksanakan rukyat secara rutin dari observatorium Athena (Yunani) dan mencatat hasil-hasilnya. Data-data inilah yang kemudian digunakan Fotheringham, Maunder dan generasi terkini untuk membangun kriteria modern.

Beda mendasar kriteria modern dengan klasik adalah telah dimasukkannya data-data rukyat yang berbasis alat bantu optik seperti teleskop. Langkah ini ditindaklanjuti oleh sosok-sosok berikutnya seperti Bernard Yallop, Bradley Schaefer, Mohammad Ilyas, Monzur Ahmed, Mohammed Odeh dan Thomas Djamaluddin.

Schaefer (AS) membangun jaringan dan menyelenggarakan rukyat hilal secara terorganisir pada awal dekade 1990-an, yang hasil-hasilnya lantas dianalisis Yallop sehingga menghasilkan kriteria Yallop.

Sementara, Ilyas (Malaysia) merintis analisis ulang terhadap data-data rukyat hilal dari era klasik dan awal era modern, yang kemudian menghasilkan kriteria Ilyas yang sangat bermutu. Terakhir, Odeh (Yordania) membangun jaringan perukyat lintas negara yang dinamakan ICOP (International Crescent Observation Project) berangggotakan cendekaiwan Timur Tengah, Eropa, Amerika dan Asia (termasuk Indonesia).

Dari data berlimpah (sebanyak 737 data) yang dihasilkan ICOP sejak 1998, analisisnya menelurkan kriteria Odeh yang fenomenal dan banyak diadopsi oleh ahli falak generasi terkini.

Era modern juga ditandai dengan proses rukyat yang lebih baik. Rukyat tanpa alat, yang riskan menyasar obyek selain Bulan dan dikelirukan sebagai hilal, mulai ditinggalkan. Sebaliknya, teleskop (ataupun variannya seperti binokuler dan teodolit) mulai banyak digunakan.

Di kemudian hari, bahkan teleskop berpenyangga (mounting) otomatik yang sanggup melacak posisi Bulan secara mandiri berdasarkan algoritma modern mulai digunakan, sehingga perukyat tinggal berkonsentrasi pada upaya mendeteksi ada tidaknya hilaal.

Belakangan, seiring berkembangnya era digitalisasi, upaya deteksi hilal pun dilakukan dengan menggunakan instrumen kamera CCD (charged copule device) yang sensitif, sehingga perukyat tinggal menyaksikan ada tidaknya hilal lewat monitor. Perkembangan ini sekaligus memungkinkan penyimpanan data hilal komplit dengan citranya yang sangat penting artinya bagi kepentingan ilmu pengetahuan terkait.

Bagaimana hisab dalam pandangan modern?

Jika hanya menggunakan mata saja (tanpa alat bantu optik), maka tidak ada bedanya antara era klasik dan modern dalam mendefinisikan hilal. Namun, jika teleskop dipertimbangkan, maka statusnya jauh berbeda. Misalnya, pada kriteria Odeh. Terdapat dua parameter penting, yakni waktu terbaik (best time) dan nilai visibilitas (V).

Waktu terbaik merupakan saat terbaik mendeteksi hilal, yang rata-rata terjadi dalam 20 menit pasca terbenamnya Matahari. Sementara, nilai V merupakan kombinasi antara elemen geometris Bulan (dalam rupa beda tinggi) dan elemen fisis Bulan (dalam wujud lebar sabit). Sehingga, kriteria modern tak lagi hanya bergantung pada satu elemen saja. Maka, terdapat situasi dimana lengkungan sabit Bulan sudah tak terdeteksi mata biasa saja namun masih terdeteksi lewat teleskop hingga limit tertentu.

Akan tetapi, masih banyak masalah yang menggayut. Salah satunya adalah kurang tersosialisasinya segala perkembangan menakjubkan dalam lapangan hisab dan rukyat era modern ini ke segenap lapisan Umat Islam. Hal ini menjadi alasan mengapa masih banyak lapisan masyarakat yang menggunakan hisabnya masing-masing, meski akurasinya diragukan.

Masih banyak yang melaksanakan rukyat tanpa prosedur standar sehingga pengganggu eksternal dan internal (dari benda-benda langit hingga sumber cahaya buatan di Bumi) tidak dieliminir terlebih dahulu sebelum memberikan persaksian. Demikian pula di Indonesia.

Indonesia

Secara akumulatif, terdapat 26 sistem hisab yang kini dipergunakan oleh elemen-elemen Umat Islam di Indonesia. Tak semuanya memiliki tingkat akurasi yang serupa sehingga secara umum dibagi ke dalam tiga golongan, yakni golongan kurang akurat (taqriby), akurat (tahqiqi) dan sangat akurat (haqiqi bittahqiq).

Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, al-Washliyah dan sebagainya secara kelembagaan telah mempergunakan sistem hisab sangat akurat. Namun, sistem hisab terpopuler yang banyak diajarkan dan dipergunakan secara luas di lapisan masyarakat Muslim Indonesia justru menjadi bagian dari golongan sistem hisab kurang akurat. Misalnya, sistem hisab al-Mansyuriyah yang mengacu pada kitab Sullam al-Nayyirain.

Kompleksitas pun muncul karena lewat para pengguna sistem inilah laporan rukyat sering muncul, misalnya dari Cakung (Jakarta). Laporan tersebut sering menjadi kontroversi, misalnya dalam penentuan Idul Fitri 1432 H (2011) maupun awal Ramadhan 1433 H (2012) lalu. Padahal, akurasinya sudah terbukti tak bisa dijamin tatkala hasil perhitungannya dibandingkan langsung dengan kejadian-kejadian yang berbasis elemen geometris Bulan seperti halnya Gerhana Matahari (yang selalu terjadi bersamaan dengan konjungsi) dan Gerhana Bulan (yang selalu terjadi pada saat Bulan purnama).

Kerap muncul kasus ‘salah lihat’ saat perukyat melaporkan obyek bukan Bulan sebagai hilal dan bersedia diambil persaksiannya. Padahal, merujuk pada data-data rukyat yang telah ditabulasi sejak masa klasik hingga modern, pada saat itu Bulan tidak mungkin berada dalam status hilal karena belum memenuhi batasan kriteria khususnya kriteria modern.

Kasus ini bukan khas Indonesia, namun juga menjangkiti negara-negara lainnya seperti Saudi Arabia dan Yordania. Analisis modern menunjukkan hanya 21 % data rukyat 1967-1997 di Indonesia yang sahih dalam kacamata astronomi modern. Saudi Arabia lebih kecil lagi karena hanya 13 % dari data rukyat 1961-2004 yang sahih dan Yordania hanya 8 % dari data rukyat 1957-2004 yang sahih.

Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda